A.prinsip kerja motor 4 langkah
mesin 4 langkah d gunakan pada sepeda motor prinsip kerja nya sama saja uh d gunakan pada mobil.
perbedaan nya hanya jumlah silender yg d gunakan
prinsip kerja mesin 4 langkah dapat d jelaskan sebagai berikut
1. langkah hisap (suction stroke)
katup masuk terbuka, katup buang tertutup
piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB).
oleh karena gerakan piston dari TMA ke TMB, makan di atas piston terjadi pembesaran volume yg
mengakibatkan ruang tersebut menjadi hampa (vakum). perbedaan tekanan udara luar yg tinggi dgn
tekanan hampa, mengakibat kab udara akan mengalir dan bercampur dgn bensin d karburator untuk membentuk gas. selanjut nya gas tersebut mengalir ke dalam ruang silinder melalui saluran masuk (intake manifol) dan katup masuk
2. langkah kompresi(compresion stroke)
katup masuk dan buang tertutup
piston bergerak dari TMA ke TMB
setelah melakukan pengisian , piston sudah mencapai ke TMB kembali lagi bergerak ke TMA , memperkecil ruangan d atas piston sehinga campuran udara dan bahan bakar menjadi padat,
tekanan dan suhu nya naik.beberapa derajat sebelum piston mancapai TMA terjadi letikan bunga api listrik
yg berasal dari busi yg membakar campuran bahan bakar dan udara
3.langkah usaha (power stroke)
katup masuk dan katup buang masi dalam ke adaan tertutup
piston bergerak dari TMA ke TMB
Proses pembakaran menyebabkab campuran gas akan mengembang dan memuai
sehinga energi panas yg d hasilkan oleh pembakaran dalam ruang bakar menimbulkan tekanan ke segala arah dan mendesak piston ke TMB. langkah usaha inilah yg d harapkan pada mesin untuk mendapat menjaga kelangsungan kerja dan perolehan tenaga mesin.
dari proses inilah terlihat bahwa terjadi proses panas berubah menjadi energi mekanis berupa gerak bolak balik kemudian d ubah lagi menjadi gerak putar untuk selanjut nya d terus kan ke roda.
4. langkah buang (exhaust stroke)
katup masuk tertutup, katup buang terbuka
piston bergerak dari TMB ke TMA
setelah suatu mesin menghasilkan energi yg d peroleh dari adanya ledakan gas yg terbakarn selanjut nya piston bergerak dari TMA mendesak gas bekas sisa pembakaran keluar melalui katup buang dan saluran buang (exhaust manifold) ke knalpot
pelajarin animasi ini dgn pengertian d atas